Pertanyaan dan Jawaban Seputar LTMPT, SNMPTN, & SBMPTN

 Layanan masa sanggah kuota SNMPTN paling lambat 15 Januari diundur sampai 7 Februari 2021 Pukul 15.00 WIB  

2021-02-07 15:00:00

  • Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga resmi masuk perguruan tinggi di Indonesia. Lembaga ini diluncurkan dan diaplikasikan secara resmi pada tahun 2019. Sebelum LTMPT diterapkan tahun 2019, siswa yang lulusan SMA/SMK dan sederajat masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk informasi lengkap tentang LTMPT, simak beberapa penjelasan berikut ini.
  • 1. Mengapa LTMPT digunakan sebagai portal untuk masuk perguruan tinggi negeri?

    Ada beberapa hal yang melatar belakangi lahirnya LTMPT sebagai pintu utama dalam pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai berikut.

    ⇒ Kebijakan nasional serta kebutuhan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas proses penerimaan mahasiswa baru memerlukan lembaga yang tetap dan paten. Kualitas proses penerimaan mahasiswa baru akan berdampak pada kualitas input atau masukan (mahasiswa) sehingga mendukung tercapainya visi, misi, tujuan, sasaran, serta target perguruan tinggi. Pada akhirnya, lulusan yang dihasilkan juga akan berkualitas sehingga dapat diterima pada berbagai sektor seuai dengan bidang keahliannya.

    ⇒ Sistem tes berstandar nasional yang kredibel untuk masuk ke perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam sistem pendidikan nasional. Tes terstandar nasional sangat penting agar tidak terjadi kesenjangan nilai antara siswa siswa dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, ada suatu jenis soal di dalam tes yang hanya dapat dijawab oleh siswa di wilayah tertentu menunjukkan bahwa tes tersebut tidak terstandar nasional.

    ⇒ Perkembangan Teknolgi Informasi pada era revolusi industri 4.0 berdampak pada berbagai sektor termasuk bidang pendidikan dimana pada era ini, internet adalah segalanya (Internet of Things/IoT) yang memperluas jangkauan internet pada berbagai sektor. Hal inilah yang meyebabkan perlunya pengembangan sistem penerimaan mahasiswa baru melalui lembaga tertentu yang berbasis komputer.

    ⇒ Model tes dan sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi memerlukan prinsip yang adil yaitu tidak adanya diskriminasi SARA; akuntabel yaitu dapat dipertanggunjawabkan kepada publik; transparan yaitu adanya keterbukaan; efisien; dan feksibel.

    ⇒ Pengembangan instrumen yang valid dan relieabel sangat penting agar benar-benar mampu mengukur potensi akademik siswa sebagai calon mahasiswa pada perguruan tinggi yang dipilih.

  • 2. Apa fungsi LTMPT?

    Fungsi LTMPT adalah sebagai berikut.

    ⇓ melakukan pengelolaan dan pengolahan data calon mahasiswa baru sebagai bahan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) oleh rektor pada masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

    ⇓ untuk melaksanakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK)

    ⇓ Untuk menyampaikan hasil UTBK kepada peserta seleksi dan kampus PTN tujuan. Bagi peserta seleksi, dapat menjadi pertimbangan untuk memilih kampus, khususnya dalam SBMPTN, dan bagi PTN tujuan, digunakan di dalam sistem seleksi berdasarkan standar yang ditetapkan.

  • 3. Apa tujuan LTMPT?

    Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memiliki tujuan sebagai berikut.

    ⇔ Melaksanakan tes masuk Perguruan Tinggi (PT) yang kredibel, adil, transparan, akuntabel, fleksibel,d an efisien.

    ⇔ Membantu PT di dalam menyeleksi dan menjaring calon mahasiswa yang dianggap mampu menyelesaikan studi pada PT tersebut berdasarkan nilai akademik dan/atau prestasi lainnya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

    ⇔ Membantu PT di dalam menyeleksi dan menjaring calon mahasiswa yang dianggap mampu menyelesaikan studi pada PT tersebut berdasarkan nilai UTBK dan/atau persyaratan lainnya yang ditetapkan secara bersama melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

  • 4. Bagaimana kuota daya tampung pada setiap jalur PMB?

    Setiap sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB) memiliki kuota daya tampung dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN yaitu sebagai berikut.

    ∴ SNMPTN: 1) jumlah kuota minimum adalah 20% dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di PTN; 2) menggunakan nilai akademik saja atau menggunakan nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditentukan oleh PTN; 3) seluruh biaya seleksi ditanggung oleh pemerintah.

    ∴ SBMPTN: 1) jumlah kuota minimum adalah 40% dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di PTN; 2) menggunakan nilai UTBK saja atau menggunakan nilai UTBK dan kteria lainnya yang ditentukan oleh PTN secara bersama; 3) biaya seleksi ditanggung oleh peserta dan disubsidi oleh pemerintah.

    ∴ Seleksi Jalur Mandiri PTN: 1) jumlah kuota minimum adalah 30% dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di PTN; 2) dapat menggunakan nilai UTBK.

  • 5. Bagaimana cara melakukan registrasi pada LTMPT?

    ∴ Sistem penggunaan akun pada LTMPT menggunakan Single Sign On (SSO) yaitu pengguna dapat mengakses seluruh konten LTMPT dengan menggunakan satu akun.

    ∴ Pendaftaran akun dapat dilakukan dengan mengakses https://portal.ltmpt.ac.id.

    ∴ Portal LTMPT digunakan untuk melakukan registrasi pada Pengisian PDSS oleh sekolah, pendaftaran SNMPTN, dan pendaftaran UTBK -SBMPTN

  • 6. Apa itu pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS)?

    ∴ PDSS adalah basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar.

    ∴ PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional yang diterapkan sejaka Tahun 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13)  dengan Sistem Paket dan SKS. Sekolah yang boleh mendaftar PDSS adalah sekolah yang menggunakan kurikulum nasional.

    ∴ Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan semester genap.

    ∴ Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

  • 7. Bagaimana persyaratan SNMPTN dalam LTMPT?

    ∴ Persyaratan sekolah:

    1) SMA/MA/SMK sederajat yang memiliki Nomor Pokokk Sekolah Nasional (NPSN)

    2) Ketentuan akreditasi:

    a) Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya.

    b) Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya.

    c) Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya.

    3) Sekolah mengisi PDSS. Adapun data siswa yang diisikan adalah hanya data yang eligible sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

     

    ∴ Persyaratan Peserta:

    1) Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasiunggul.

    2) Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

    3) Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.

    4) Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS.

    5) Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olah raga wajib mengunggah PORTOFOLIO.

     

    ∴ Pilihan Program Studi”:

    1) Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN;

    2) Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang beradadi provinsi manapun.

    3) Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

  • 8. Bagaimana tahapan pendaftaran SNMPTN?

    Tahapan pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut.

    1) LTMPT mengumukan jumlah kuota bagi sekolah sesuai dengan akreditas dan jumlah siswa sekolah tersebut.

    2) Sekolah WAJIB melakukan registrasi akun LTMPT melalui https://portal.ltmpt.ac.id 

    3) Semua siswa kelas XII wajib melakukan registrasi akun LTMPT melalui https://portal.ltmpt.ac.id

    4) Sekolah menentukan calon peserta berdasarkan data LTMPT dari Akreditasi dan Jumlah Siswa di PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS Pendis Kemenag.

    5) Sekolah melakukan pengisisan PDSS

    6) Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN

    7) Siswa melakukan pemilihan PTN dan program studi, yaitu paling banyak dua PTN

    8) Siswa yang memilih Prodi Seni dan Olah Raga melakukan pengunggahan portofilo

    9) Seleksi SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh PTN

    10) Pengumuman kelulusan hasil SNMPTN

    11) Mahasiswa melakukan pendaftaran ulang pada PTN siswa/calon mahasiswa diterima

  • 9. Apakah pertanyaan Anda tentang LTMPT, SPMB (SNMPTN & SBMPTN) belum terjawab?

    Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, bergabunglah bersama kami dalam forum EduMedia: Informasi & Konsultasi Seputar Dunia Kampus dan Kemahasiswaan. Informasi lebih lanjut WA: 085 242 242 366